Arsip untuk April 4, 2011

Menyambut kedatangan tamu/ greeting

Berikan salam ketika tamu telah tiba di depan pintu restaurant dengan mengucapkan “Selamat Datang” (huan ying kuang ling) diikuti oleh semua waiter/s.

Lakukan kontak mata, tersenyum ramah dengan sedikit membungkukkan badan untuk memberi kesan penghormatan.

Panggillah nama tamu tersebut jika anda tahu karena dapat membuat tamu lebih senang dan merasa dihargai.

Berikan penyambutan yang hangat dan familiar dengan percakapan yang singkat.

Tanyakan untuk berapa orang dan atau sudah reservasi.

Beritahukanlah kepada tamu adanya smoking area dan non smoking area.

Berjalanlah dengan perlahan tapi pastikan tamu tersebut mengikuti greeters.

 

Greeters mempersilahkan duduk / seating the guest

Tariklah kursi dengan perlahan, diutamakan wanita untuk dipersilahkan duduk tapi lebih diperhatikan untuk tamu yang lebih tua.

Tawarkan untuk menggunakan baby chair untuk anak kecil.

Tawarkan bantuan pada tamu yang membawa barang berat.

Bantulah tamu yang menggunakan jas untuk dibukakan dan menaruhnya pada punggung kursi.

Beritahukanlah jumlah tamu kepada server

 

Waiter/s menyediakan kondimen / preparing of condiment

Ambillah kondimen yang berupa satu set pickle. Berikanlah pickle sesuai dengan standar prosedur.

 

Membuka lipatan napkin / laying folding napkin

Berdiri di samping kanan tamu.

Bukalah lipatan napkin sesuai dengan standar prosedur.

Letakkan napkin di pangkuan tamu dan berhati-hatilah jangan sampai tamu merasa terganggu.

 

Memberikan daftar menu minuman / giving the menu

Ambillah daftar menu minuman dan makanan dari station.

Pastikan menu dalam keadaan bersih dan dalam kondisi yang baik.

Berikanlah dari sebelah kanan tamu dan dalam keadaan terbuka.

Diutamakan wanita terlebih dahulu.

Dengan tata cara pengoderan sesuai dengan arah jarum jam.

Berdiri dengan sempurna, tetap tersenyum dan lakukan kontak mata.

Berbicaralah dengan jelas dan perlahan.

 

Pengorderan minuman / beverages taking order

Tawarkanlah makanan dan minuman special atau yang sedang dipromosikan.

Siapkan captain order dan pena.

Tulislah semua orderan pada captain order dengan jelas dan lengkap.

Tulislah nomor meja, nama pengorder, tanggal , waktu, jumlah tamu, item, jumlah pesanan serta ukurannya dan segala permintaan khusus dari tamu.

Beritahukanlah semua informasi makanan dan minuman yang dijual dengan jelas dan tepat kepada tamu sesuai dengan kebutuhan tamu.

 

Mengulangi pesanan / repeat order

Berbicaralah dengan jelas dan perlahan.

Tetaplah tersenyum.

Tanyakanlah pada tamu pada saat ingin mengulangi pesanan.

Jika tamu setuju ulangi semua pesanan tamu dan semua permintaannya.

Perkenalkanlah nama waiter/s yang mencatat pesanan.

Mintalah daftar menu dengan sopan.

Ucapkan terima kasih dan mintalah tamu untuk menunggu pesanan datang dengan sopan.

 

Mengantarkan captain order / distribute of captain order

Pengorderan minuman :

Lembaran pertama berwarna putih diberikan pada Kasir.

Lembaran kedua berwarna merah diberikan pada Bar.

Lembaran ketiga berwarna kuning disimpan pengorder.

Lembaran keempat berwarna biru diletakan di meja tamu untuk cek list.

Pengorderan makanan :

Lembaran pertama berwarna putih diberikan pada Kasir.

Lembaran kedua berwarna merah diberikan pada kitchen.

Lembaran ketiga berwarna kuning diberikan pada pantry.

Lembaran keempat berwarna biru diletakan di meja tamu untuk cek list.

 

Menyajikan minuman / beverages serving

Segeralah menyajikan minuman sebelum makanan datang.

Pergunakan round tray untuk membawa minuman.

Jangan lupakan coaster, straw, stirrer, sugar yang sesuai dengan kebutuhan minuman.

Minuman yang mengunakan kaleng, bawalah ke hadapan tamu dan bantulah untuk membuka, sedangkan untuk minuman yang menggunakan botol telah dibuka di bar sehingga telah disajikan di dalam gelas.

Untuk Chinese tea pot tuangkanlah secara perlahan dan gunakanlah underline untuk menghindari panasnya pot.

Sajikan dari sebelah kanan tamu atau dari sisi yang lebih mudah.

Sebutkan nama minuman yang disajikan.

Cek list minuman yang telah tersaji.

Tawarkan minuman lagi bila terlihat isi dari minuman tersebut kurang dari ¼ gelas.

 

Mengantarkan makanan dari kitchen / bring of food from kitchen

Sebelum makanan yang dipesan datang ke hadapan tamu persiapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk menyajikan makanan sesuai dengan standar operasional prosedur.

Cek kondisi baik dari segi kebersihan dan perubahan kualitas makanan, bumbu atau saos yang menyertainya, serta ukuran dan jumlah makanan yang dipesan.

 

Menyajikan makanan / food serving

Cek makanan yang akan disajikan apakah sesuai dengan captain order agar tidak salah dengan meja yang dituju, ukuran dan jumlahnya.

Usahakan sajikan makanan dari sebelah kanan tamu atau dari sisi yang lebih mudah.

Hati-hatilah bila terdapat anak kecil.

Ucapkan kata “permisi Ibu/Bapak” dengan perlahan dan jelas.

Perhatikan tata letak makanan pada lazy susan, pastikan garnishnya menghadap pada posisi yang tepat.

Sebutkan nama makanan.

Cek list makanan yang telah disajikan.

Tetaplah stand by pada table incharge dan pastikan kebutuhan tamu terpenuhi.

Periksalah selalu bila ada piring yang kosong dan kotor, yang terdapat sisa makanannya melebihi 2 pieces harus segera diganti.

Janganlah menumpuk piring-piring yang kotor terlalu tinggi.

Tumpuklah piring-piring yang sejenis tanpa sisa makanan di atasnya.

Konfirmasikan kepada tamu bila semua pesanan sudah tersaji.

Tawarkanlah kembali bila ada tambahan makanan dan tanyakanlah bila ada kekurangan dalam pesanan tersebut.

Bertindak segera bila ada kesalahan atau complaint.

 

Menawarkan dessert / dessert suggestion

Waiter/s menawarkan menu dessert pada tamu bila menu main course telah selesai di makan.

Letakkan toothpick di atas meja atau lazy susan.

Siapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk menyajikan dessert.

Pastikan kondisi meja dalam keadaan siap untuk menyajikan dessert.

 

Mengganti asbak / change an ashtray

Ambillah asbak yang bersih letakkan di atas asbak yang kotor lalu angkat dan ganti dengan asbak yang bersih.

Pergunakanlah tray untuk menggantinya.

Pastikan setelah 2 puntung rokok, asbak harus segera diganti.

 

Mengantarkan bill / settle bill

Periksalah bill apakah sudah sesuai dengan captain order.

Gunakanlah cover bill dan persiapkan pena.

Berikanlah dari sebelah kanan tamu dengan tangan kanan dan dalam keadaan terbuka.

Tanyakan pada tamu bagaimana komentarnya tentang pelayanan dan makanan yang telah disajikan.

Berikan dan beritahukanlah brosur special promo, event dan atau discount yang sedang berlaku, jelaskan secara singkat, jelas dan menarik agar tamu berminat untuk mengetahuinya dan datang kembali.

Tunggu sesaat untuk pembayaran.

Hitung kembali jumlah uang dihadapan tamu jika tamu membayar secara tunai dan pastikan telah sesuai dengan jumlah bill.

Perhatikan apabila ada pembayaran dengan charge room, pastikan data-data tamu tersebut mendukung untuk pembayaran melalui charge room.

Jangan lupa mengembalikan uang kembalian kepada tamu.

Ucapkanlah terima kasih dan tetaplah tersenyum.

 

Ucapkan terima kasih / say thank you

Lakukan kontak mata, tersenyum, dengan sedikit membungkukkan badan pada waktu mengucapkan terima kasih.

Antarkan tamu menuju pintu dengan sedikit percakapan singkat yang ramah dan berkesan agar tamu berminat untuk datang kembali.

KADO ULTAH TERAKHIR

Posted: April 4, 2011 in Hobi

Jam di dinding menunjukkan pukul 12 malam.

Ah tanpa terasa aku sudah bekerja melewati batas lemburku.

Setumpuk kertas di mejaku mungkin akan berkata  ‘Wah berapa banyak energi yang kau punya wahai anak manusia, kerja dan bekerja adalah makanan sehari-harimu, apakah yang kau cari?

Aku hanya tersenyum menatap proposal dan sejumlah kertas juga alat-alat kantorku

Ahhh  aku sudah mulai menguap. Lalu ku tengok jam.

“Gila jam 12 malam”

Aku usap wajahku dengan bimbang, pulang atau menginap di kantor karena besok pagi aku harus berada disini lagi untuk menyerahkan proposalku pada atasanku dan mempresentasikannya setelah makan siang.

Aku berdiri untuk melemaskan otot-ototku yang kaku berjalan mengambil segelas air minum. Kukernyitkan keningku lalu kumainkan mimik muka yang letih ini.

Tersenyum dan kubasuh wajah ini di wastafel. “Sukses ya” Bisik hati kecil pada diri sendiri.

Aku kembali ke meja sambil membetulkan lengan baju yang tadi kugulung.

Tulululut …… Bunyi telepon berdering.

“Siapa yang telepon ke kantor malam-malam gini”

“Halo ….. “

“Selamat Ulang Tahun Kuya” Terdengar jelas setengah berteriak suara diseberang sana, suara yang tidak asing lagi suara yang sering kali bikin aku kesal tapi tanpa kehadirannya yang sering menggangguku mungkin hidupku ga akan seberwarna seperti ini. Aku tersenyum.

“Thank’s ya …. Dasar Kuya …. Eh jam berapa nih ngapain telepon ke kantor malam-malam gini, Emangnya ga bisa telepon besok pagi”

“Loe tuh yang kurang kerjaan en ga tau waktu tengah malam buta gini masih aja kerja, Ulang tahun loe sendiri aja ga inget, Mau nyari apa sih loe, uang dah banyak, tampang  … yah ga jelek- jelek amat si’  Udah kesini rayain ultah loe ma gue disini banyak cewek man … montok sexy” Ucapnya.

“Sory bro gue harus tidur nih besok gue harus bangun pagi. Besok abis pulang kerja deh lo gue traktir plus cewek sexy lo… oke”

“Dasar gila lo … lo sadar ga si’ semenjak lo ditinggal ama Dilla lo jadi workaholic gitu, udah hampir 3 tahun man .. lupain aja emang ga ada cewek lain,  ya sekedar having fun aja, tar onderdil lo karatan loh”

“Lo tuh yang gila emangnya besi, karatan. Ngomong ga diayak. Udah gue mo tidur dulu sampe besok ye  met having fun”

“Ya ya ya it’s okay met tidur juga anak manis jangan lupa cuci tangan ma kaki ye minum cucu dulu”

“Dasar kuya … Thank’s ya” Kututup telepon.

Sejenak kumerenung memang benar apa yang dikatakan Jimmy.

Aku masih muda, karirku bagus tampangku lumayan ga ada cewek yang nolak aku, kenapa aku ga bisa enjoy dengan apa yang aku punya dan mencari wanita lain yang bisa mengisi hatiku lagi.

Baiklah malam ini aku akan bersenang-senang.

Baru beberapa langkah aku menuju pintu, tiba-tiba kembali telepon berdering.

Pasti Jimmy lagi.

Kuhampiri dan kuangkat gagangnya.

“Iya kuya ga sabaran amat gue kesana sekarang .. puas lo .. tar gue traktir lo sampe lo mati kekenyangan  he he he “ Ucapku sembrono.

“Maaf aku bukan kuya … ini mas Andy kan?  Aku Dilla mas” kembali kudengar suara yang begitu lembut itu. Hatiku bergetar, jantungku berdetak kencang, mulutku seakan tertutup rapat tanpa dapat berbicara sedikitpun. Apa yang harus aku ucapkan?

Suara yang telah lama tidak aku dengar, suara yang dapat membangkitkan rasa ini.

“Selamat Ulang Tahun  mas Andy” Ucapnya.

Terbayang senyum di wajahnya yang manis, memerah pipinya tersipu malu, tatapan mata yang syahdu dan membuatku terasa nyaman didekatnya.

Getaran itu masih ada, sangat terasa dan menusuk relung hatiku yang terdalam.

Kekasih kau telah lama pergi aku sangat merindukanmu. Senyumku mengembang.

“Terima kasih … “ Dengan sejuta kegugupan aku berkata.

Kurasakan deru nafasnya ditelepon, hangatnya sampai ke dalam hatiku. Tuuuuut …

Terdengar bunyi nada panjang tanda bahwa hubungan pembicaraan itu telah terputus entah karena kesalahan pada jaringan atau sengaja terputus.

Aku tersadar dari kekaguman, kebingungan, keterpakuan sesaat.

“Halo … Halo …. Halo …. Dilla … Dilla …”

Aku termenung seakan-akan jiwaku keluar dari raga mencari jawaban apa yang sebenarnya terjadi? Melayang-layang kembali ke masa lalu berputar-putar mencari arah tujuan lalu terhempas jatuh dalam kebingungan dan ketidakberdayaan apa yang harus aku lakukan?  Kukembalikan gagang telepon ke tempatnya semula.

Ada sedikit harapan, walau hanya sedikit, harapan itu telah menyadarkanku bahwa cinta itu masih ada, benarkah aku masih mencintainya? Apakah ia masih mencintaiku?. Aku mengambil tas dan jasku, ku langkahkan kakiku dan dengan harapan baru kuingin tinggalkan masa lalu, aku ga mau berhenti di tempat tanpa kepastian yang jelas. Dilla tiba-tiba menghilang di hari pernikahan, Ia pergi entah kemana tanpa sedikitpun penjelasan.

Aku terus melangkah, aku merasa melayang.

Sesampainya di lobi seorang security menyapaku.

“Selamat malam Pak …. Lemburnya malam sekali” Ucapnya dengan sedikit membungkuk hormat dan tersenyum.

“Malam … pulang dulu pak” Kubalas senyumannya dengan sekedarnya.

Keluar dari gedung dengan langkah pasti menuju area parkir di dekat taman. Kumatikan alarm mobil dengan remote. Tiba-tiba suara itu kembali memanggilku.

“Mas Andy … “

Lembut sekali dan aku mengenalinya. Bermimpikah aku?

Aku terdiam, kedua kakiku terasa terpaku di bumi, aku menoleh dan kubalikkan seluruh tubuhku menghadap arah panggilan itu.

“Dilla … “ Ucapku

Sesaat aku tak percaya, seorang Dilla tengah berdiri tidak jauh dari hadapanku. Cantik, rambutnya masih panjang ikal dan terkuncir, matanya, bibirnya, hidungnya bagaimana aku bisa melupakannya, ia begitu indah untuk dilupakan, kenangannya begitu dalam untuk ditinggalkan. Dilla masih seperti tiga tahun lalu, masih dengan balutan celana jeans dengan kaos yang tertutup jaket junkies, tak ada yang berubah hanya aura wajahnya yang memendam suatu penderitaan.

Tidak ada kata-kata yang mampu melukiskan betapa dahsyatnya getaran ini.

Aku menghampirinya, dia menghampiriku, tak terasa tas dan jas yang ada dilenganku terjatuh. Tangan kami menyatu dan bergenggaman kupeluk tubuhnya dengan kerinduan yang mendalam.

Tapi tiba-tiba Dilla melepaskan pelukan itu, melepas tanganku, ada ganjalan dipikirannya, sayang apa yang kau rahasiakan dariku?

Aku mengajaknya duduk di bangku taman. Aku mengambil jas dan tasku lalu duduk disampingnya.

Kutatap mata ini ke atas langit yang tak bisa berkata, langit seakan mengerti apa yang kurasakan, kulihat wajahnya yang cantik sendu dan bintang telah mengisyaratkan padaku dari tatapan matanya yang tajam jauh dilubuk hatinya yang terdalam ada sebuah kegalauan.

Sesaat kami terdiam bingung untuk memulai percakapan ini. Angin malam yang dingin membuat Dilla meremaskan tubuhnya lalu memulai percakapan.

“Oh ya mas Andy … Aku bawakan untukmu kue ulang tahun, jangan dilihat kecilnya yah” Ucapnya sambil menunjukkan kue ultah yang dibawanya dengan kardus cantik berwarna merah hati.

Senyumku mengembang, perlahan jari jemari yang lentik itu membuka, menaruhnya dan merapihkannya.

Kurubah posisi dudukku, aku sedikit menyamping menghadapnya.

“Kamu masih mengingatnya …” Ucapku lirih

“Aku ga akan pernah lupa dengan semua yang pernah kita lalui mas … itu adalah kenangan yang terindah dan termanis dalam hidupku” Katanya lembut.

“Semoga kamu mau menerimanya dan suka” Ucapnya tersenyum dan menatapku dengan dalam.

“Aku suka .. suka sekali .. terima kasih ya”

“Sebelum mas Andy tiup lilinnya, mas pejamkan mata dulu lalu mengucapkan permohonan di dalam hati supaya yang mas Andy inginkan akan segera terwujud” Pintanya.

Aku tersenyum. Malam ini wajahku selalu dihiasi dengan senyuman.

“Aku ingin kita berdua sama-sama meniup lilinnya ya? .. kamu mau kan” Ucapku lembut merayu dan iapun mengangguk malu. Aku berdoa.

“Satu … dua … tiga …  hhhuuuuuhh”

Semua lilin telah padam, kupandangi wajahnya.

Dilla terdiam sesaat, kemudian…

Dengan suara sedikit gemetar ia berkata.

“Mas .. kalau boleh aku tahu apa yang mas mohon tadi?”

Aku pegang erat tangannya ku rengkuh bahunya dan kupeluk tubuhnya.

“Kamu … aku ingin kita bersama lagi menjalin cinta seperti dulu meraih kebahagiaan, aku mencintaimu” Bisikku ditelinganya.

Dilla terdiam dia melepas pelukanku, lalu menyandarkan kepalanya dibahuku.

Tiba-tiba bulir-bulir bening mengalir menetes sedikit demi sedikit di atas pipinya. Ia menangis tersedu-sedu menahan kegalauan di hatinya.

Tanpa mengucap sepatah katapun Dilla menangis didekapanku, dekapannya semakin erat, seolah-olah tubuhnya menjerit “Jangan tinggalkan aku”.

Perasaanku nyaman memeluknya tapi akalku tak dapat memahami apa yang Dilla rasakan dan pikirkan, aku kebingungan. Kulepas pelukan, kutatap matanya yang berkilau, sekilas ia membalas tatapanku dan mengusap air mata dipipinya.

Dilla masih menyimpan sapu tanganku, walau warnanya telah memudar ia tetap menggunakan dan menyimpannya.

“Kenapa sayang ..?” Tanyaku.

“Mas Andy maafkan Dilla” Ucap Dilla dengan bibir bergetar, dadanya terasa sesak karena tiada yang dapat menandingi kesejukan kata “sayang” itu.

“Maukah kau menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada dirimu?” Tanyaku.

Dilla terdiam, tertunduk dan kembali duduk pada posisi semula, nafasnya masih belum teratur.

“Nggak masalah kalau kamu ga ingin bercerita, kita bicarakan besok saja kalau keadaan kamu sudah tenang” Ucap Andy.

“Mas Andy maafkan aku. Aku menghilang di hari yang seharusnya adalah hari kebahagiaan untuk kita tapi aku menghancurkannya maafkan mas” Dilla melanjutkan kata-katanya sambil menangis.

“Lalu tanpa merasa bersalah aku kembali hadir dengan masalah, aku benar-benar ga tau harus kemana lagi mas” Ucap Dilla.

“Nggak .. itu ga benar, kehadiranmu adalah kado terindah yang pernah aku terima dalam hidupku, aku mencintaimu Dilla” Ucapku sungguh.

“Sekarang kita pulang dulu, aku antar kamu ya?” Ajak Andy.

Didalam mobil Andy berusaha menghibur Dilla.

Tapi Andy tak pernah menduga bahwa bertemu dengan kekasih hatinya adalah kado terakhir untuk Andy.

SAHABAT adalah seseorang yang kamu cintai

Bukan karena kamu jatuh cinta padanya

Namun kamu peduli pada orang itu

Dan kamu memikirkannya ketika mereka tidak ada

Dia menyayangimu tetapi bukan kekasihmu

Dia perhatian kepadamu tapi bukan keluargamu

Dia siap berbagi sakit tapi dia tidak berhubungan darah denganmu

Dia adalah SAHABAT

SAHABAT sejati itu marah seperti ayah

Peduli seperti ibu

Mengganggu seperti kakak

Mengesalkan seperti adik

Dan menyayangimu lebih dari KEKASIH

Mereka berkata jujur dan kamu melakukan hal yang sama

Kamu tahu bahwa jika kamu memiliki masalah

Mereka akan bersedia mendengarkan

Mereka adalah orang-orang yang tidak akan mentertawakanmu atau menyakitimu

Dan jika mereka benar-benar menyakitimu

Mereka akan berusaha keras untuk memperbaikinya

Mereka adalah orang-orang yang kamu cintai dengan sadar ataupun tidak

Selemah-lemah manusia adalah

Orang yang tidak berusaha mencari sahabat

Dan orang yang lebih lemah dari itu adalah

Orang yang menyia-nyiakan sahabat yang telah dimilikinya

Jenis-jenis Virus Komputer

Posted: April 4, 2011 in Untuk Diketahui

Virus komputer sendiri adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Namun, bila dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Worm – Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan – Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Hacking – merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer pengguna yang mengakses laman internet tertentu, dengan atau tanpa program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.
  • Backdoor – Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware – Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue – merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit – Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. Biasanya, antivirus ini sulit dideteksi oleh antivirus.
  • Polymorphic Virus Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic Virus Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus Telepon Seluler – merupakan virus yang khusus berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Cara Mengatasi Virus Komputer

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak Antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data / database/ Signature-based detection, heurestik, atau peringkat dari program itu sendiri / Quantum. Digunakan oleh Norton.
Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Symantec, BitDefender, avast!, AVG, Avira AntiVir, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.

Film

Posted: April 4, 2011 in Hobi

PUNK IN LOVE

Punk In LoveFilm punk yang ngocol dan konyol ini dari awal cerita sampai akhir bener-bener lucu dan menghibur, tapi buat gue ada pesan moral yang bisa gue tangkap, yaitu tentang suka duka persahabatan dan pencapaian tujuan tanpa kenal menyerah. Dikisahkan lima orang sahabat yang melakukan perjalanan dari Malang ke Jakarta yang hanya bermodalkan nekad dengan tujuan membantu salah satu teman mereka untuk menyatakan cintanya. Buat gue film yang sangat bagus dan menghibur banget.

SPEED

Film keren tentang perjuangan seorang polisi untuk        menyelamatkan penumpang bis dari bom yang sengaja ditaruh di bis oleh seorang teroris yang sebenarnya adalah mantan aparat keamanan juga, yang kecewa karena merasa diabaikan oleh pemerintah. Ditemani oleh gadis cantik yang secara tidak sengaja berada dalam bis dan menjadi supir bis tersebut. Adegan demi adegan di tata dengan baik dan mencapai klimaksnya di sebuah kereta dengan kecepatan tinggi juga membawa bom. Walaupun dibuat sekuel keduanya tapi gue tetep mengacungkan jempol untuk film Speed yang pertama. Kalau gue bilang pesan yang disampaikannya sederhana, jangan pernah mengecewakan dan meremehkan orang, karena sakit hati seseorang bisa menghancurkan apapun.

SHUTTER

ShutterFilm horror dari Thailand ini bener-bener serem, gue inget banget waktu adegan tokoh wanitanya menemukan tumpukan foto dan melihat foto-foto tersebut dengan cepat, yang kelihatan sosok wanita sedang menuju ke lemari. Lalu menemukan semua jawaban atas kejadian-kejadian aneh yang menimpa kekasihnya.

 

 

PERCY JACKSON AND THE LIGHTNING THIEF

Film remaja yang sangat menghibur, beda dari film remaja lainnya karena memberikan fiksi ilmiah tentang keberadaan dewa-dewa olimpians. Petualangan yang fantastis, pencarian jati diri, dan special efek yang keren. Cerita yang menyatukan antara kejadian jaman dulu dengan masa sekarang. Keren

 

FACE OFF

Sebenarnya film yang keren dan bagus tapi dengan pertukaran seperti itu yang walaupun dijelaskan secara ilmiah tetep ga masuk diakal, tapi tetep film ini layak dinikmati, apalagi didukung acting yang keren seolah-olah emang bener-bener tukeran. Actionnya agak lebay alias berlebihan seperti menonton film action India, tapi sekali lagi walaupun ada kekurangannya tetep keren.

FORREST GUMP

Film yang sarat berisi muatan energi positif, mendidik, dan mengajarkan pada kita tentang arti mimpi, kerja keras, dan persahabatan. Tentang hidup, tentang perjuangan yang tiada mengenal kata menyerah, tentang mental baja, tentang kejujuran, semangat berbagi dan membantu, tentang kesuksesan itu bukan diukur dengan materi melainkan kebahagiaan melihat orang-orang yang dicintai, tentang mengubah kekecewaan menjadi energi untuk maju. Film yang sangat bagus. Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan jadi jangan melihat seseorang dari apa yang tampak darinya, melainkan apa yang bisa dia lakukan untuk orang-orang di sekitarnya.

RED CLIFF

Film peperangan yang berisi pelajaran strategi perang yang bagus. Pelajaran bagaimana membaca situasi, mempelajari bantuan alam, jangan pernah meremehkan musuh walau di detik terakhir penyerahannya. Film kolosal yang layak banget ditonton karena bagus banget.

THE SORCERERS APPRENTICE

Film remaja yang menghibur sekaligus memberikan pelajaran bahwa sihir ternyata dapat diuraikan oleh ilmu pengetahuan. Didukung dengan special efek, penggabungan antara masa lalu dengan masa sekarang yang membuat cerita ini jadi menarik.

 

AVATAR

Film yang bagus banget, mengisahkan seorang mantan angkatan yang lumpuh dan menjalani percobaan untuk masuk ke dalam tubuh avatar. Memberikan pengalaman yang luar biasa dan bertemu dengan kekasihnya. Penggambaran dunia yang indah, damai dan sangat menghargai alam, kapan bumi ini bisa kembali hijau seperti dalam cerita film Avatar.

PRINCE OF PERSIA

Film yang bagus tentang seorang anak yatim piatu yang menjadi pangeran di kerajaan Persia karena keberaniannya membela temannya. Film dengan action, cerita dan special efek yang keren. Walaupun ceritanya sangat fiksi tapi tetep keren.

 

 

CHARMED

Film yang bercerita tentang tiga orang wanita-wanita cantik bersaudara yang ternyata berasal dari keturunan keluarga penyihir. Melewati hidup mereka dengan masalah-masalah seputar dunia sihir dan kompleksnya kehidupan sebagai manusia biasa. Kadang dalam menjalaninya salah satu dari mereka kerap kali menyerah tapi yang lainnya selalu mensupport dan saling membantu. Ketika kakak tertua dari ketiga bersaudara mengalami kematian ternyata takdir berkata lain, muncul seorang adik perempuannya yang tetap membuat takdir mereka menjadi penyihir, karena suka atau tidak mereka adalah penyihir. Ada pesan yang gue tangkap, jangan pernah menolak takdir dan sesuatu terjadi pasti karena suatu alasan karena itulah yang terbaik.

THE MECHANIC

Film pintar dan mengagumkan. Seperti biasanya film yang dipenuhi dengan action yang menegangkan, beladiri yang bagus, kemampuan mengendarai mobil yang lihai, pokoknya super cool, keren dan smart.

HARRY POTTER

Tentang kehidupan dari menjadi penyihir cilik sampai dewasa dengan semakin kompleksnya masalah yang dihadapinya membuat cerita ini makin menarik dan ga sabar menunggu sekuel berikutnya.

 

 

SERIGALA TERAKHIR

Salah satu film action Indonesia yang bagus, disetting tahun 90 an, walau ceritanya sederhana dan seperti mengikuti cerita-cerita mafia, tapi penggabungan unsur-unsur cerita, alur, emosi, dan aktingnya dapat banget. Tetep keren.

SEASON OF THE WITCH

Film petualang tentang membawa seorang penyihir yang menyebabkan musibah ke suatu tempat untuk diadili, tapi ternyata bukanlah penyihir melainkan kekuatan yang lebih besar dan akan menghancurkan umat manusia karena bersekutu dengan iblis. Film dengan special efek, karakter yang bagus, salut untuk pemeran wanitanya yang berakting hanya dengan terdiam.